Mengenal Berita 3: Komponen Berita

Persamaan antara berita dengan artikel ialah sama-sama memiliki judul, lead, body, dan ending. Perbedaan komponen berita dan artikel tersebut, berita memiliki dateline dan penulis berita hanya dicantumkan initialnya. Sedangkan artikel tidak memiliki dateline, tapi penulis artikel dicantumkan namanya secara jelas dan keterangan mengenai dirinya juga disertakan.

C. Komponen Berita dengan Komponen Tulisan Lain

Jadi, telah jelas persamaan dan perbedaan antara komponen-komponen berita dengan artikel. Coba bandingkan juga komponen berita dengan komponen tulisan lain. Karena itu, baca dan perhatikan cerita pendek (Cerpen), surat pembaca, dan tajuk rencana. Setelah itu tulisan komponen-komponennya secara berurut pada tabel yang tersedia berikut ini.

No. Komponen Berita Komponen Artikel Komponen Cerpen Komponen Surat Pembaca Komponen Tajuk   Rencana
1 Judul
2 Dateline
3 Lead
4 Body
5 Ending
6 Initial penulis

Jadi, dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara komponen berita dengan komponen tulisan lain terletak pada:

  1. ………………………………………………………………………………………………….
  2. ………………………………………………………………………………………………….

D.  Komponen Berita

Bila memperhatikan enam komponen berita dapat dikemukakan hal sebagai berikut:

1. Judul

  1. Judul merupakan komponen berita yang terletak paling awal.
  2. Judul ditulis dengan huruf besar di awal tiap kata, kecuali pada kata depan (antara lain di, ke, dan dari) dan kata penghubung (antara lain dan dan atau).
  3. Judul ditulis tanpa diakhiri dengan tanda baca titik (.).
  4. Judul ditulis dengan huruf lebih besar dan lebih tebal, bold, dari pada huruf komponen lain. Dua hal ini dilakukan untuk menarik perhatian khalayak agar kemudian membaca keseluruhan isi berita. Ini fungsi judul yang paling utama. Karena itu, judul hendaklah mencerminkan isi berita. Agar mencerminkan isi berita maka judul sebaiknya ditulis paling akhir, setelah berita ditulis. Bukan ditulis lebih dahulu, kemudian isi berita “dipaksa” sesuai judul!

2. Dateline

  1. Dateline komponen berita kedua yang terletak setelah judul.

  2. Dateline ditulis tanpa ketukan spasi, rata kiri dengan margin kolom.

  3. Dateline ditulis tanpa diakhiri dengan tanda baca titik (.).

  4. Dateline ditulis dengan huruf yang lebih tebal. Bold.

  5. Dateline menunjukkan tempat peristiwa terjadi.

  6. Dateline menunjukkan nama suratkabar. Namun, ada juga suratkabar yang menambahkan hari pada dateline. Bacalah suratkabar Merdeka. Dateline-nya biasa ditulis sebagai berikut: Jakarta, Sabtu, Merdeka atau Tanggerang, Sabtu, Merdeka. Hanya, perlu dipahami, hari yang dicantumkan di Merdeka, bukan hari peristiwa terjadi, tapi hari peristiwa dimuat sebagai berita, sama dengan hari terbit suratkabar Merdeka tersebut. Kalau Anda baca teras berita atau isi beritanya, Anda dapat mengetahui, peristiwa yang dimuat biasanya adalah peristiwa yang terjadi sehari sebelumnya, hari Jumat.

  7. Karena itu, penulisan dateline bervariasi dari satu suratkabar ke suratkabar lain.

3. Lead atau Teras Berita

  1. Lead merupakan komponen berita ketiga yang terletak setelah dateline.
  2. Lead merupakan alinea pertama suatu berita yang terdiri dari satu kalimat atau lebih. Lead yang baik terdiri dari satu kalimat.
  3. Sekali lagi, perhatikan lead berita Kompas yang Anda baca!
  • Bila Anda ajukan pertanyaan, apa yang terjadi?

Jawabnya:

Empat perwira TNI AD tewas dalam kecelakaan lalu lintas di jalan lintas Medan-Tebingtinggi, Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Deliserdang (60 km tenggara Medan). Mobil sedan Pelita Taksi BK 1277 LA yang mereka tumpangi bertabrakan dengan truk Dira Kencana BK 8349 MF, Sabtu (18/10) pukul 18.00 WIB.

  • Bila Anda ajukan pertanyaan, siapa yang tewas dalam kecelakaan…?

Jawabnya:

Para korban adalah Letda (Inf) Zailani N (37) dari Yonif 133/BS Padang, Sumbar, Letda (Inf) Sucipto (35) dari Yonif 111/KB Aceh Timur, Letda (Inf) R Dolok Saribu (36) dari Yonif 123/RW Padangsidempuan, Tapanuli Selatan, dan Letda (Inf) Sukarlin (37) dari Yonif 131/BS Payakumbuh, Sumbar. Pengemudi sedan, Aldi (48), juga tewas, sedang Letda (Inf) Maret (37) dari Arhanud 11Binjai, yang juga menumpang mobil yang sama, mengalami luka parah. Ia dirawat di RS Putri Hijau Medan.

  • Bila Anda ajukan pertanyaan kapan kecelakaan…itu terjadi?

Jawabnya:

Sabtu (18/10) pukul 18.00 WIB.

  • Bila Anda ajukan pertanyaan di mana

Jawabnya:

Di jalan lintas Medan-Tebingtinggi, Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Deliserdang (60 km tenggara Medan).

Lead berita Kompas tadi tidak lengkap. Hanya menjawab unsur Apa, Siapa, dan Kapan, dan Di mana. Hal ini boleh-boleh saja. Ia setengah memaksa pembaca untuk mencari jawaban terhadap unsur-unsur lain di body berita. Selain rincian nama unsur siapa dan bagaimana, ternyata jawaban terhadap unsur mengapa memang tidak ada di body berita. Namun, wartawan sudah menunjukkan upaya mencari jawabnya. Sayang, yang diharap menjawab masih melakukan penyelidikan.

Lead berita Kompas yang tidak secara lengkap menyajikan unsur ASDAMBA ini kita sebut sebagai informal lead. Begitu juga semua lead yang tidak secara lengkap menyajikan keenam unsur itu. Sedangkan jika secara lengkap menyajikan unsur ASDAMBA, kita sebut lead itu sebagai formal lead.

4. Body/Tubuh:

  1. Body merupakan paragraf setelah lead. Ia menjelaskan lead.
  • Pada berita di atas, body menjelaskan siapa saja empat perwira TNI AD yang tewas:

Inf) Zailani N (37) dari Yonif 133/BS Padang, Sumbar, Letda (Inf) Sucipto (35) dari Yonif 111/KB Aceh Timur, Letda (Inf) R Dolok Saribu (36) dari Yonif 123/RW Padangsidempuan, Tapanuli Selatan, dan Letda (Inf) Sukarlin (37) dari Yonif 131/BS Payakumbuh, Sumbar.

  • Body juga berusaha menjelaskan sebab kecelakaan:

Kepala Dinas Penerangan Polda Sumut Letkol (Pol) Drs Amrin Karim membenarkan adanya kecelakaan tersebut. “Saat ini permasalahannya sedang dalam penyelidikan,” katanya singkat, Senin (20/10).

  • Body juga berusaha menjelaskan bagaimana kecelakaan terjadi:

Berdasarkan keterangan, taksi yang ditumpangi lima perwira TNI AD itu datang dari arah Tebingtinggi menuju Medan melaju dalam kecepatan tinggi. Demikian pula truk yang berjalan dari arah berlawanan. Sebelum bertabrakan, truk berusaha melampaui bus, namun bersamaan itu muncul taksi yang dikemudikan Aldi. Tabrakan pun tak terelakkan.

5. Ending/Penutup:

  1. Penutup secara umum terletak di alinea terakhir.
  2. Penutup berisi penjelasan lain mengenai hal-hal yang dikemukakan di lead mapun body:

Para korban baru seminggu menjalani Penataran Pembinaan Satuan (Tarbinsat) di Pematangsiantar. Hari itu mereka bermaksud ke Medan. Untuk pengusutan, sopir truk Urmansyah (37), penduduk Desa Birem Puntong, Kecamatan Langsa Barat, Aceh, diamankan.

6. Initial penulis:

Kode/singkatan nama wartawan (smn)

(Bersambung)

2 comments for “Mengenal Berita 3: Komponen Berita

  1. purnama
    October 9, 2016 at 09:04

    Latar belakang dari komponen berita ap yaa

    • Maya Aksara
      June 4, 2017 at 21:52

      Latar belakang komponen berita prinsipnya adalah struktur berita, yaitu piramida terbalik: yaitu, judul, dateline, lead, body, dpenutup, dan intial penulis berita (wartawan). Terimakasih.

Leave a Reply