Profil Lulusan Program Studi Penerbitan (Jurnalistik)

Profil lulusan Program Studi Penerbitan (Jurnalistik) merupakan peran yang diharapkan dapat dilakukan lulusan program studi di masyarakat/dunia kerja. Profil ini adalah outcome pendidikan yang akan dicapai. Dengan menetapkan profil lulusan, Program Studi Jurnalistik Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) dapat memberikan jaminan pada calon mahasiswa untuk dapat berperan menjadi:Wartawan Muda (Standar Kompetensi Wartawan (SKW), 2010), yaitu mencakup bidang pekerjaan sebagai: reporter dan editor dalam industri media massa.

Program Studi Level Jabatan Bidang Pekerjaan
Penerbitan Wartawan Muda Reporter/Koresponden

Fotografer

Layouter

  1. Reporter atau koresponden (untuk luar kota), mampu melakukan kegiatan pengusulan dan perencanaan liputan, menerima dan melaksanakan penugasan, mencari bahan liputan termasuk informasi dan referensi, melaksanakan wawancara, menulis, dan mengolah hasil liputan dan menghasilkan karya jurnalistik, mendokumentasikan hasil liputan dan membangun basis data pribadi, membangun dan memelihara jejaring dan lobi.
  2. Editor, mampu melakukan kegiatan penyuntingan karya jurnalistik, mengompilasi bahan liputan menjadi karya jurnalistik, memublikasikan berita layak siar, memanfaatkan sarana kerja berteknologi informasi, merencanakan, mengoordinasikan dan melakukan liputan berkedalaman (indepth reporting).

Kompetensi lulusan yang diharapkan dituangkan dalam rumusan capaian pembelajaran program studi. Capaian Pembelajaran Prodi Penerbitan (Print Journalism) sebagai berikut:

No. Capaian Pembelajaran Uraian
1

 

 

 

 

 

 

 

 

Sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
2 Keterampilan Umum
  1. Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik, yang belum maupun yang sudah berlaku;
  2. Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur;
  3. Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri;
  4. Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan;
  5. Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya;
  6. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  7. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri;
  8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi.
 3

 

 

 

Keterampilan Khusus

 

 

 

 

  1. Mampu melakukan kegiatan pengusulan dan perencanaan liputan dengan mengacu pada visi misi media, nilai berita, sudut pandang, dan sumber berita, ketersediaan waktu, dan biaya.
  2. Mampu menerima dan melaksanakan penugasan peliputan dengan acuan peristiwa (acara) terjadwal maupun peristiwa (acara) yang tidak terduga secara tepat waktu dengan mempertimbangkan status sumber, alat perekam foto dan atau kamera, menerapkan KEJ, dan memastikan kelengkapan perolehan informasi berdasar unsur kelengkapan berita.
  3. Mampu mencari bahan liputan termasuk informasi dan referensi berdasarkan sumber fakta, fakta peristiwa dan atau fakta pendapat, peristiwa/alam dan atau manusia, observasi dan atau wawancara, dengan berbagai metode observasi dan atau wawancara, baik menggunakan alat maupun tidak.
  4. Mampu melaksanakan wawancara dengan berbagai metode wawancara yang terdiri dari tahapan pertemuan, penyampaian tujuan, wawancara, dan mengakhiri wawancara.
  5. Mampu mengolah hasil liputandan menghasilkan karya jurnalistik berita dengan mempertimbangkan kebijakan perusahaan, komposisi berita, akurasi dan deadline, dan KEJ.
  6. Mampu mendokumentasikan hasil liputan dan membangun basis data pribadi berdasar prinsip-prinsip kearsipan baik secara konvensional maupun digital.
  7. Mampu membangun dan memelihara jejaring dan lobi berdasarkan prinsip-prinsip kerjasama, independensi, dan keberimbangan.
  8. Mampu, mengompilasi bahan liputan menjadi karya jurnalistik,dengan mempertimbangkan kebijakan perusahaan, komposisi berita, akurasi dan deadline, KEJ, dan segala aspek hukum.
  9. Mampu memublikasikan berita layak siar dengan mengacu kepada nilai berita, hukum, KEJ, ketersediaan ruang dan waktu pada media, dan karakteristik khalayak pembaca.
  10. Mampu memanfaatkan sarana kerja berteknologi informasi: komputer, internet, alat perekam suara, kamera foto, kamera film baik konvensional maupun digital.
  11. Mampu merencanakan, mengoordinasikan dan melakukan liputan berkedalaman (indepth reporting) dengan mempertimbangkan pada visi misi media, nilai berita, sudut pandang, dan sumber berita, ketersediaan waktu, dan biaya.
4

 

 

 

 

Penguasaan pengetahuan

 

 

 

  1. Menguasai pengetahuan tentang dasar jurnalistik, mencakup pengetahuan tentang teori, konsep-konsep, prinsip jurnalistik, dan komunikasi sebagai bidang keilmuan. Ia harus (1) menguasai konsep-konsep dan teori-teori jurnalistik sebagai ilmu, (2) menguasai konsep-konsep dan teori-teori jurnalistik sebagai proses, lintas fungsi, level organisasi, dan budaya; (3) menguasai konsep-konsep dan teori-teori jurnalistik sebagai terapan (teknik)
  2. Menguasai pengetahuan umum, mencakup pengetahuan umum dasar tentang berbagai masalah antara lain agama, sosial, budaya, politik, hukum, sejarah, dan ekonomi. Jurnalis harus menguasai pengetahuan tersebut agar mampu mengikut dinamika sosial dan menyajikan informasi yang bermanfaat bagi khalayak. Ia harus menguasai (4) prinsip sistem sosial, budaya, hukum, ekonomi, dan politik khususnya dalam konteks nasional, etika, peraturan, dan standar jurnalistik; (5) menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, politik, sosial, ekologi, perkembangan teknologi terbaru dan terkini secara umum.
  3. Menguasai pengetahuan khusus, mencakup pengetahuan yang berkaitan dengan liputan agar karya jurnalistik spesifikseorang jurnalis lebih bermutu. Ia harus (6) mengetahui pengetahuan tentang teknik penulisan produk jurnalistik dan metode penelitian jurnalistik. (7)mengetahuai pengetahuan tentang etika jurnalistik dan nilai-nilai kemanusaiaan (humanity values); (8) menguasai pengetahuan tentang teknik komunikasi menggunakan teknologi terbaru dan terkini, (9) mengetahui pengetahuan teknik komunikasi menggunakan teknologi terbaru dan terintegritas.

Leave a Reply